Minggu, 08 Maret 2015

Hubungan Ilmu Budaya Dasar Dengan Sistem Informasi

   Sebelum kita mengetahui apa hubungan antara Ilmu Budaya Dasar Dengan Sistem Informasi, kita harus tau apa itu Ilmu Budaya Dasar (IBD) ? Apa itu Sistem Informasi?


Pengertian Ilmu Budaya Dasar (IBD)


   Ilmu merupakan serangkaian pengetahuan atau wawasan yang dibutuhkan oleh seluruh manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Kebudayaan adalah segala tindakan yang harus dibiasakan oleh manusia dengan belajar, sedangkan budaya merupakan budi dan daya, yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Dari dua hal diatas pada dasarnya ilmu budaya dasar berasal dari istilah bahasa inggris "The Humanities". Istilah ini berasal dari bahasa latin yaitu "Humanius" yang diartikan yaitu manusia, berbudaya, dan halus.

   Sehingga secara garis besar dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ketertarikan antara manusia dengan kebudayaan serta pengkajian masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.

   Menurut Prof. Dr. Hasya Bachtiar, pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Dengan kata lain, ilmu budaya dasar memiliki konsep-konsep yang dikembangkan melalui wawasan pemikiran, dan kepekaan dalam mengkaji masalah antar manusia dan kebudayaannya.

   Ilmu Budaya Dasar merupakan Pengetahuan tentang perilaku dasar-dasar dari manusia karena pada ilmu budaya dasar memiliki unsur-unsur dari kebudayaan yaitu :

  1. Sistem Religi / Kepercayaan
  2. Sistem organisasi kemasyarakatan
  3. Ilmu Pengetahuan
  4. Bahasa dan Kesenian
  5. Mata pencaharian hidup
  6. Peralatan dan teknologi




Pengertian Sistem Informasi

   Sistem Informasi merupakan sekumulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik. Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), kontrol atau komponen pengendali. Sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.

   Kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolahan informasi (data yang telah diolah sehingga lebih berguna bagi user).


Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Sistem Informasi

   Sistem Informasi dan Ilmu Budaya Dasar mempunyai hubungan yang erat, karena keduanya saling melengkapi satu sama lain. Sebuah sistem informasi yang dapat memberikan informasi berupa berbagai pengetahuan, baik lisan maupun tulisan dan ilmu budaya dasar yang mengajarkan konsep dasar kemanusiaan.

   Kemudahan mengakses informasi saat ini sebaiknya dapat digunakan sesuai dengan kaidahnya, agar informasi yang telah disajikan dapat menghasilkan sebuah manfaat. Informasi dan komunikasi yang baik akan menghasilkan sebuah sinkronisasi budaya yang baik. Yang terpenting adalah ilmu budaya dasar memberikan kita sebuah pedoman dalam mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, terutama yang berkaitan dengan masalah kemanusiaan dan kebudayaan agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran seseorang terhadap lingkungan dan ilmu pengetahuan serta teknologi semakin peka.

   Sistem Informasi memberikan kemudahan melalui media internet, kemajuan ini akan menjadi sorotan utama saat ini. Kemajuan dibidang ini bisa mempengaruhi kebudayaan disetiap negara dan menembus batas-batas budaya yang telah diterapkan di Negara masing-masing. Adanya hubungan timbal balik antara sistem informasi dengan ilmu budaya dasar. Contohnya : ilmu budaya dasar mempelajari tentang budaya, budaya tersebut dapat disebarluaskan dan diperkenalkan oleh teknologi terkini yang kita sebut dengan media internet.


Kesimpulan

   Informasi merupakan elemen dari kehidupan manusia yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Manusia berinteraksi kepada yang lain untuk saling bertukar informasi serta untuk menambah wawasannya. Banyak hal yang dapat terjadi dari proses sebuah informasi. Informasi tidak selamanya akan berdampak positif, disisi lain sebuah informasi juga dapat berdampak negatif. Setiap informasi yang dibuat, perlu dilihat dampak dari informasi tersebut.

   Maka dari itu, terjadi suatu hubungan yang sangat erat antara sistem informasi dengan ilmu budaya dasar. Agar mereka yang profesional dibidang informasi mampu melihat masalah-masalah manusia dan budaya. Memperluas wawasan dalam menyesuaikan dengan lingkungannya, peka terhadap lingkungan budaya kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kemanusiaan dan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Business English 2

Motivation Letter April 17, 2018 The Graduate Scholarship Committee University Of Exeter In place Let me introduce myself....